Suatu organisasi pasti mempunyai unsur-unsur tertentu, diantaranya sebagai berikut:
1. Sebagai Wadah Atau Tempat
Untuk Bekerja Sama
Organisasi adalah merupakan suatu
wadah atau tempat dimana orang-orang dapat berkumpul bersama untuk mencapai
suatu tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi
orang-orang untuk melaksanakan suatu kerja sama, sebab setiap orang tidak
mengetahui bagaimana cara bekerja sama tersebut akan dilaksanakan. Dalam
pengertian umum, maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang
yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi buruh, organisasi wanita,
organisasi mahasiswa dan sebagainya.
Contoh: Sebagai contoh disekolah
pasti ada yang namanya OSIS, OSIS disekolah pasti berfungsi sebagai wadah
kumpulnya para anggota OSIS untuk bekerja sama membuat sebuah project untuk
sekolah masing – masing, contohnya saja mengadakan PENSI.
2. Proses kerja sama sedikitnya
antar dua orang
Suatu organisasi, selain
merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar
dua orang. Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak
orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain
proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi, mempunyai kemungkinan
untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi
maka proses sama itu hanya bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja
sama antara pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.
Contoh:
Jika disebuah organisasi hanya ada seorang saja mustahil sebuah organisasi
tersebut dapat berjalan drngan baik, bayangkan saja bagaimana sebuah organisasi
itu dapat berjalan tanpa adanya sebuah kerja sama dari anggotannya.
3. Jelas tugas kedudukannya
masing-masing
Dengan adanya organisasi maka
tugas dan kedudukan masing-masing setiap orang atau pihak hubungan satu dengan
yang lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan
dan sebagainya akan dapat di hindarkan. Dengan kata lain tanpa orang yang baik
mereka akan bingung tentang apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara
yang satu dengan yang lain.
Contoh: Sebagai contoh disebuah
organisasi pasti ada sebuah kedudukan yang dimiliki oleh para anggotannya, ada
yang menjabat sebagai ketua, sekretaris, bendahara, humas dan lainnya yang tiap
kedudukan memiliki peran penting agar organisasi itu dapat berjalan dengan
baik.
4. Ada tujuan tertentu
Betapa pentingnya kemampuan
mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi
organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan
yang baik tetapi tidak baik.
Contoh: Sebuah organisasi pasti
memiliki sebuah tujuan tertentu, mulai dari awal pembentukan pasti organisasi
tersebut telah memiliki tujuan atau alas an kenapa organisasi itu harus
dibentuk. Percuma saja organisasi dibentuk jika tidak memiliki tujuan tertentu.
Organisasi juga mempunyai
unsur-unsur pendukung agar bisa berjalan dan terlaksana, berikut unsur-unsur
organisasi :
1. Man
Man atau disebut juga orang,
dalam kehidupan berorganisasi sering disebut dengan istilah pegawai atau
personel. Orang – orang ini terdiri dari semua anggota atau warga organisasi,
yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator)
sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin
suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja
(nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan
manusiawi (man power) organisasi.
2. Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu
kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh
karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya
dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara
bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
3. Tujuan Bersama
Tujuan merupakan arah atau
sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau
yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus
dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui
prosedur, program, pola (network).
4. Peralatan (Equipment)
Unsur yang keempat adalah
peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi,
mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
5. Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan misalnya
keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy),
strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah
ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu.
http://boycharotz1st.blogspot.com/2012/11/ciri-ciri-unsur-dan-teori-organisasi.html
0 komentar:
Posting Komentar