Main Menu

Jumat, 09 Januari 2015

TUGAS SOFTSKILL 3 - BAHASA INDONESIA



2. Buatlah kerangka pikiran penelitian sesuai dengan jurusan (Sistem Informasi) !

Informasi merupakan salah satu sumber daya yang sangat diperlukan bagi manajemen dalam pengambilan keputusan. Untuk mendapatkan informasi tersebut perlu adanya sebuah sistem yang mengolah data menjadi sebuah informasi yang berharga.

Sistem Informasi  merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjdyDzAj2B6NbnLSmLR3ort9iXyugwVg1JK0Z_v7E56MXTTov__Uvt46agctwChrwI14R28zmOm6LtjcaHOJKqO0YplaIzSaX5nm2zs7tHbJGPRL1DSGaeNhCVtiRmkw9T5Bh2SC-Fv23F2/s1600/SIMEDIS.JPG

Berdasarkan tinjauan pustaka yang telah di jelaskan maka kerangka pemikiran dapat diuraikan sebagai berikut :

Sistem informasi rekam medis merupakan gabungan dari beberapa sistem yang diintegrasikan oleh sistem dari tiap bagian yang ada di Puskesmas tersebut dan disimpan dalam satu database (server) sehingga data-data tersebut diolah menjadi informasi-informasi yang dibutuhkan untuk dijadikan acuan sebagai gambaran untuk proses pengambilan keputusan untuk perkembangan Puskesmas kedepannya. Adapun sistem-sistem yang dibuat pada tiap bagian yang ada yaitu :
1. Sistem Administrator di Server.
2. Sistem Pendaftaran Pasien dibagian Portir (pendaftaran)
3. Sistem Pemeriksaan Pasien dibagian Balai Pengobatan (BP)

Bagaimana mengidentifikasi kebutuhan pengguna sistem dengan menggunakan metodePrototipe dengan menggunakan tools yang meliputi perangkat keras dan perangkat lunak, sehingga dapat terciptakan Sistem Informasi Rekam Medis yang bisa menghasilkan informasi yang bisa digunakan untuk proses pengambilan keputusan.
Contoh kerangka penelitian

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbAqzzC5G8PPzd52YT_KC9LNqs-JkGt6jH0HHzl_xc6gmwvbq3JxSaUthw1eERNOB1sgODQOnFa0AvDQzV3HrXT1iuO-fMSE5Bu3bUTMrnTT4hU7V-XrDiICkpE14ygx7MTG9o26XnOaFr/s1600/2simedis.png


Pada komponen masukkan (input) mengandung data kunjungan pasien, data tenaga kesehatan puskesmas. Data diperlukan untuk menghasilkan informasi yang akan diolah produk sistem informasi perencanaan tenaga kesehatan di Puskesmas pada Kota Bandar Lampung.

Pada tahapan proses yang akan dilalui oleh komponen masukkan untuk menghasilkan keluaran meliputi pengumpulan data, pengiriman data, pengolahan data dan analisis data serta presentasi data, yang merupakan proses dari suatu sistem informasi yang akan menghasilkan informasi sebagai produk akhir.

Komponen keluaran (output) merupakan hasil dari produk komponen masukkan dan komponen proses berupa indikator dan produk informasi yang diharapkan berguna dalam pemantapan pengembangan sistem informasi perencanaan tenaga kesehatan di Puskesmas pada Kota Bandar Lampung.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.